Hasil Liga Champions: MU, Roma, Juventus Lolos ke 16 Besar

Manchester United, Basel, AS Roma, dan Juventus lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah berhasil memenangi matchday terakhir fase grup pada Rabu pagi WIB (6/12/2017).

Di Grup A, MU menang 2-1 atas CSKA Moskwa di Stadion Old Trafford. Sempat ketinggalan oleh tamu lewat gol Vitinho di ujung babak pertama, MU membalikkan skor menjadi 2-1 dengan dua gol di babak kedua melalui Romelu Lukaku (64’) dan Marcus Rashford (66’).

Sebenarnya kalah selisih enam gol pun dari CSKA, MU tetap lolos MU ke 16 besar. MU juga sebenarnya tinggal ‘sejengkal’ lagi lolos sejak memenangi empat laga awal beruntun dan praktis sesungguhnya telah melaju, hanya perhitungan matematis belum memungkinkannya saat itu disebut telah lolos.

Di laga lain Grup A saat yang sama, klub Swiss Basel memastikan juga ke lolos setelah menang 2-0 atas tuan rumah Benfica di Stadion Lisboa di Lisbon, Portugal, melalui gol-gol Mohammed El-Younoussi (5’) dan Dimitri Oberlin (65’).

Dengan hasil dua laga itu, MU teratas di klasemen akhir dengan nilai 15, diikuti Basel yang lolos sebagai runner up 12, serta CSKA 9 dan Benfica 0. Sebagai peringkat ketiga, CSKA lolos ke 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Di Grup C, AS Roma tampil sebagai juara grup dan lolos bersama Chelsea yang telah lebih dulu melaju ke 16 besar sejak matchday kelima.

Di Stadion Olimpico Roma di Italia, Roma menang tipis 1-0 atas juara Azerbaijan Qarabag yang sebelum bermain sudah dipastikan finis sebagai juru kunci. Sebiji gol Roma dilesakkan Diego Perotti ketika babak kedua memasuki menit ke-8.

Sementara itu, Chelsea hanya finis sebagai runner up setelah dipaksa seri 1-1 oleh tamunya Atletico Madrid di Stadion Stamford Bridge di London. Saul Niguez membuka skor untuk Atletico pada menit 56, sedangkan gol balasan tuan rumah diakibatkan bunuh diri pemain Atletico Stefan Savid pada menit 75.

Dengan hasil itu, Roma dan Chelsea sama-sama finis dengan nilai 11, namun Roma jadi juara grup lantaran menang head to head atas Chelsea 6-3. Atletico di posisi ketiga dengan nilai 7, dan Qarabag di dasar klasemen (2). Atletico, peringkat ketiga, masuk ke 32 besar Liga Europa.

Di Grup D, Juventus lolos mendampingi Barcelona dengan menjadi runner up setelah menaklukkan tuan rumah Olympiakos 2-0 di Stadion Georgios Karaiskski di Piraeus, Yunani, berkat sumbangsih gol Juan Guillermo Cuadrado (15’) dan Filippo Bernardeschi (89’).

Di laga lain, Barcelona, yang telah pasti lolos sebagai juara grup sejak pekan kelima, menghabisi harapan Sporting Lisbon 2-0 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Dua gol tuan rumah dari dari Paco Alcacer (59’) dan bunuh diri pemain Sporting Jeremy Mathieu pada injury time babak kedua.

Pelatih Barca Ernesto Valverde tidak menurunkan pemain bintang Lionel Messi sejak awal karena memang tim Katalan itu telah pasti menjadi juara grup sejak matchday kelima. Messi baru masuk pada menit ke-61 menggantikan Aleix Vidal saat skor sudah 1-0.

Dengan hasil dua laga terakhir itu, Barca teratas di klasemen akhir Grup D dengan nilai 14, diikuti Juventus 11, Sporting Lisbon 7, dan Olympiakos 1.

Sementara itu di Grup B, pertemuan antara dua tim yang telah lolos ke 16 besar, Bayern Munchen menjamu Paris Saint-Germain (PSG), berakhir 3-1 untuk tuan rumah. Dengan demikian, PSG yang tampil sebagai juara grup. Nilai kedua tim sama-sama 15, PSG di urutan teratas karena unggul head to head 4-3.

Bertarung di Allianz Arena di Munchen, Jerman, tuan rumah yang mesti menang selisih empat gol supaya bisa menang head to head untuk menjadi juara grup, mendapatkan tiga golnya dari Robert Lewandowski (8’) serta Corentin Colisso (37’ dan 69’), sedangkan gol PSG yang berperan penting menempatkannya finis sebagai juara grup dicetak Kylian Mbappe (50’) dengan assist Edinson Cavani.

Sementara itu, Celtic kalah 0-1 di kandang sendiri, Stadion Celtic Park di Glasgow, Skotlandia, akibat gol Anderlecht lewat bunuh diri pemain tuan rumah Jozo Imunovic pada menit 62.

Hasil itu membuat nilai kedua tim sama-sama 3, tetapi Celtic berhak finis di posisi ketiga dan lolos ke 32 besar Liga Europa karena unggul head to head 3-1 lantaran pada pertemuan pertama di Stadion Constant van den Stock di Brussels, Belgia, Celtic menang 3-0.

Berikut hasil lengkap pertandingan matchday terakhir atau keenam yang berlangsung pada Rabu pagi WIB:

Grup A: Benfica 0 vs Basel 2; Manchester United 2 vs CSKA Moskwa 1

Grup B: Bayern Munchen 3 vs Paris Saint-Germain 1; Celtic 0 vs Anderlecht 1

Grup C: Chelsea 1 vs Atletico Madrid 1; AS Roma 1 vs Qarabag 0

Grup D: Barcelona 2 vs Sporting Lisbon 0; Olympiakos Piraeus 0 vs Juventus 2

Untuk melihat jadwal pertandingan pekan terakhir empat grup lainnya, sila klik di sini.

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *